Jasa Basmi Rayap Kemang

Basmi Rayap Kemang

Mengenal Spesies Rayap dan Kerusakan yang Ditimbulkannya

Jasa Basmi Rayap Kemang

Hi, Teman macrotermix, kini jasa basmi rayap kemang ingin menjelaskan terdapat tiga jenis rayap yang sering ditemukan di rumah, meliputi rayap kayu basah, kering, dan tanah. (Sumber: Pexels.com)

Selama ini, Anda mungkin tidak mengetahui bahwa rayap memiliki jenis spesies yang beragam. Di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis rayap yang paling jamak ditemukan di lingkungan sekitar. Jenis rayap tersebut meliputi rayap kayu basah, kering, dan tanah. Jenis rayap ini dapat dikategorikan berdasarkan habitat atau tempat mereka bersarang.

Rayap merupakan salah satu hama yang perkembangbiakannya terbilang cukup cepat. Dijelaskan lebih lanjut, bahwa ratu rayap dapat memproduksi 160.000 telur dalam setahun. Sebanyak 95% dari mereka adalah rayap pekerja yang menggerogoti kayu-kayu di rumah selama 24 jam! Dampak yang ditimbulkan dari keberadaan hama rayap pada rumah bisa saja menjadi cukup fatal. Dampak tersebut meliputi kekeroposan pada bahan bangunan, furniture, dan lubang pada lantai.

Lindungi Rumah Anda dengan Mengidentifikasi Gejala Serangan Rayap

Jasa Basmi Rayap di Kemang

Furniture kayu terasa ringan dan berongga adalah salah satu gejala rayap. (Sumber: Pexels.com)

Rumah yang terkena hama rayap biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk terdeteksi. Hal ini dikarenakan dampak kerusakan yang ditimbulkan baru terlihat setelah rayap bersarang di rumah cukup lama. Namun jika Anda teliti, tanda-tanda serangan rayap dapat Anda identifikasi.

Serangan rayap biasanya terjadi karena kondisi lingkungan rumah yang cukup lembab. Carilah rumah yang memiliki lingkungan tidak terlalu lembab seperti contohnya rumah harga 700 juta di wilayah Tangerang Selatan  ini. Namun jika Anda terlanjur mendiami rumah yang berlingkungan lembab, Anda perlu mengetahui tanda-tanda yang diidentifikasikan sebagai gejala serangan rayap.

  • Furniture atau bahan bangunan berbahan kayu menjadi terasa tipis dan berongga.
  • Terdapat kotoran rayap yang berbentuk seperti pasir kecoklatan di sekitar tempat serangan rayap.
  • Keretakan antara kusen dan tembok.
  • Daun pintu atau jendela menjadi susah untuk digerakkan.
  • Terdapat tumpukan lumpur di sudut pondasi atau kusen.
  • Terdapat rayap yang beterbangan di sudut bangunan rumah.

Jenis Obat Rayap yang Umum Digunakan

Dalam membasmi rayap Anda bisa menggunakan obat alami maupun kimia. (Sumber: Pexels.com) Salah satu solusi mengusir serangan hama rayap pada rumah adalah menggunakan obat rayap. Pada umumnya, obat yang sering digunakan untuk mengusir rayap dibedakan menjadi dua. Pertama adalah obat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Kemudian yang kedua, obat yang terbuat dari bahan kimia. Kedua jenis obat rayap ini memiliki keunggulan masing-masing.

Obat Rayap Alami

Rempah-rempah dan tumbuhan di sekitar kita ternyata memiliki khasiat untuk mengusir dan dijadikan obat rayap. Rempah-rempah dan tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat rayap adalah yang memiliki aroma kuat. Beberapa contohnya adalah bawang putih, cabai, dan daun mint. Cara penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memotong-motong bahan tersebut menjadi potongan kecil dan campurkan dengan air. Kemudian rendam bahan tersebut kurang lebih hingga 6 jam. Setelah memisahkan ampas, Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut langsung ke kerumunan atau sarang rayap.

Obat Rayap Kimia

Jika Anda lebih memilih cara instan, ada banyak jenis merk obat rayap berbahan kimia yang dijual di pasaran. Obat kimia ini biasanya memiliki kandungan sama seperti obat serangga lainnya. Obat berbahan kimia ini biasanya berbentuk cair. Anda cukup menyemprotkan obat tersebut ke daerah yang terserang hama rayap. Semprotkan secara rutin, dan biasanya hanya rayap akan hilang dalam kurun waktu satu minggu.

5 Obat Rayap Terbaik untuk Perawatan Rumah

Obat rayap alami dapat ditemukan di sekitar rumah. (Sumber: Pexels.com) Jika Anda menginginkan rumah terbebas dari serangan rayap, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Obat rayap ini tidak hanya diaplikasikan pada saat rumah telah digerogoti oleh rayap, namun dapat digunakan sebagai cara preventif agar rayap tidak masuk ke rumah Anda. Berikut ini merupakan beberapa obat rayap terbaik untuk perawatan rumah.

  1. Memperbanyak Ventilasi di Rumah
    Perbanyak ventilasi dan cahaya alami adalah salah satu cara membasmi rayap. Rayap sangat menyukai kondisi lembab dan minim sinar matahari. Karena itu, obat rayap untuk membasmi rayap di rumah Anda adalah dengan memastikan sirkulasi udara lancar dan memiliki cukup paparan cahaya matahari. Jadi pastikan rumah Anda memiliki banyak jendela, ventilasi, atau bukaan sebagai jalan keluar masuk udara segar dan cahaya alami.
  2. Mencegah Genangan Air
    Genangan air dapat menyebabkan rumah lembab dan mendatangkan rayap. Seperti halnya nyamuk, rayap berkembang biak di genangan air. Obat rayap membasmi rayap yang cukup ampuh adalah dengan mencegah adanya genangan air di sekitar rumah Anda. Bersihkan selokan, kolam, penampung air hujan dan lain-lain di rumah Anda, terutama saat musim penghujan agar tidak dijadikan tempat berkembang biak bagi rayap
  3. Membersihkan Kayu dan Ranting di Sekitar Rumah
    Rutin membersihkan ranting tak terpakai untuk menghindari rayap. Rayap sangat menyukai tumpukan kayu yang tidak terpakai, apalagi jika kayu-kayu tersebut berada dalam kondisi lembab. Jika Anda melihat ranting berserakan di sekitar rumah, segera bersihkan atau singkirkan sebelum koloni rayap datang. Bersihkan juga secara berkala tumpukan kayu yang tidak dipakai agar rumah tidak rentan dimasuki rayap. Jenis material kayu yang Anda gunakan untuk perabot juga mempengaruhi ketahanan terhadap rayap. Beberapa jenis material kayu sangat rentan ada juga tahan terhadap serangan rayap
  4. Membersihkan Buku Secara Rutin
    Tumpukan buku dalam kondisi lembab akan mendatangkan rayap. Jika Anda memiliki banyak koleksi buku di rumah, maka Anda harus lebih berhati-hati dengan serangan rayap. Rayap sangat menyukai buku karena kertas terbuat dari serat kayu. Bersihkan dan rapikan koleksi buku Anda secara rutin dan berkala agar tidak lembab dan terhindar dari serangan rayap.
  5. Obat Pembasmi Serangga
    Obat rayap sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Untuk menghindari serangan rayap pada furniture dan perabot kayu di rumah Anda, atasi dengan menaburkan obat pembasmi serangga di area yang diserang rayap. Obat pembasmi serangga ini biasanya berbentuk serbuk putih atau cairan yang bisa digunakan juga untuk mengusir semut. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko dan sudah tersedia dalam berbagai merek.

Jika Anda mengalami gangguan rayap segera hubungi Jasa Basmi Rayap Kemang – Macrotermix.