Rayap bisa menyebabkan kerugian, Kenali serangan rayap sebelum anda membasmi rayap, Serangan bisa terjadi pada tanah, kayu kering , kayu lembab dan pohon karena jenis rayap bisa dibagi berdasarkan lokasi sarangnya. Area sebaran jenis rayap meliputi hampir seluruh tanah air antara lain di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Diharapkan para pengelola properti dan pelaku usaha lain­nya lebih mema­hami ba­gai­manamembasmi rayap  secara mapan agar terhindar dari kerugian eko­nomi ma­sya­rakat.

Pada umumnya penggolongan rayap berdasarkan pada lokasi tempat tinggal atau lokasi sarang utama dibuat. Berikut Jenis Rayap berdasarkan lokasi sarang yang wajib anda ketahui :

Jenis Rayap Kayu Lembab

Jenis Rayap kayu lembab merupakan spesies rayap yang bersarang di kayu-kayu bangunan rumah dan lembab serta tidak berhubungan dengan tanah. Spesies jenis ini juga biasanya menyerang kayu-kayu kusen rumah dan di pintu kamar mandi atau tiang-tiang yang lembab. Salah satu contoh rayap kayu lembab ini adalah jenis-jenis dari genus Glyptotermes.

Jenis Rayap Kayu Kering

Jenis Rayap kayu kering jenis rayap yang bersarang di kayu-kayu kering dan berada di suhu yang normal atau tidak lembab serta tidak kontak langsung dengan tanah. Jenis Rayap ini biasanya bersarang di meja, kursi, pintu dan lemari yang terbuat dari kayu. Adanya rayap ini biasanya ditandai dengan butir-butir ekskremen kecil berwarna kecoklatan atau biasa disebut sesek. Jenis Rayap kayu kering tidak terlalu membutuhkan air karena mereka bisa menghasilkan air sendiri kerena mencerna selulosa.

Jenis Rayap Subteran

Jenis Rayap subteran merupakan jenis rayap yang bersarang di dalam tanah dengan banyak bahan kayu yang telah membusuk. Selain itu, jenis rayap ini juga membangun sarangnya di tunggak-tunggak pohon yang telah mati maupun masih hidup. Salah satu contoh jenis rayap subteran adalah spesies rayap dari famili Rhinotermidae terutama dari genus Coptotermes. Jenis Rayap subteran hampir sama dengan jenis rayap tanah. Perbedaannya adalah kemampuan rayap subteran untuk bersarang di dalam kayu yang diserangnya, walaupun tidak ada hubungan dengan tanah asal.

Jenis Rayap Tanah

Jenis Rayap tanah merupkan jenis rayap yang membangun sarangnya di dalam tanah yang banyak mengandung bahan organik, seperti serasah dan humus. Salah satu contoh jenis rayap ini yang dapat ditemui di Indonesia adalah rayap yang berasal dari famili Termitidae. Hubungan sosial  Jenis rayap tanah cenderung tinggi karena jenis ini biasanya berkoloni dalam jumlah yang besar.

Jenis Rayap Pohon

Jenis Rayap pohon merupakan jenis rayap yang tinggal di pohon-pohon hidup dan tek berhubungan dengan tanah. Contoh rayap pohon adalah rayap yang menyerang pohon jati, Neotermes tectonae. Demikian Jenis Rayap yang menyebabkan kerugian pada properti dan perlengkapan rumah anda. Kenali keberadaan rayap setelah anda mengetahui jenis rayap, sehingga bisa basmi rayap sedini mungkin agar tidak merugikan kerugian yang lebih besar